11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

11 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan YANG WAJIB ANDA KETAHUI. Beberapa Khasiatnya Dapat Mengobati Penyakit HIPERTENSI dan MENURUNKAN KOLESTEROL TINGGI.


Daun seledri adalah salah satu jenis sayuran yang sudah mendunia, umumnya daun seledri ini akan banyak kita temukan pada sup ayam , sup sapi , dan pada hiasan makanan.

Nama ilmiah daun seledri adalah Apiumgraveolens. Sayuran hijau ini milik keluarga tanaman Apiaceae.

Perlu anda ketahui bahwa Setiap bagian seledri, termasuk tangkai, biji, dan daun dapat dimakan dan kaya akan nutrisi, maka tidak heran jika mengkonsumsi daun seledri bisa mendatangkan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Dalam Daun Seledri ?

11 Manfaat Daun Seledri Untuk KesehatanMenurut Database National Nutrient USDA , Sayuran seledri mengandung mineral seperti kalsium , natrium , tembaga , magnesium , besi , seng , dan kalium . Selain itu sayuran seledri juga mengandung asam lemak dan vitamin termasuk vitamin A , K, C, E, D, dan vitamin B (thiamin, riboflavin , asam folat , vitamin B6 , dan vitamin B12 ) dan kaya akan kandungan serat.

Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan  ?

⇒ Daun Seledri Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayuran seledri memiliki sifat anti-hipertensi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi , yang mana tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor risiko penting yang menyebabkan penyakit jantung koroner dimana penyakit ini merupakan penyakit pembunuh no 1 di dunia.

Manfaat sayuran seledri adalah dapat membantu mengontrol tingkat tekanan darah tinggi kronis. Manfaat penurunan tekanan darah dari seledri berasal dari daunya, yang mengandung ekstrak heksanik, metanolat dan etanol berair yang meningkatkan sirkulasi, menurunkan peradangan dan membantu mengontrol tekanan darah.

Sebuah Penelitian telah dilakukan ketika tikus diberi ekstrak seledri selama periode tujuh minggu dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food , mereka mengalami peningkatan yang signifikan dalam tingkat tekanan darah dibandingkan dengan tikus yang tidak diberikan ektrak seledri.

Dipercaya bahwa seledri membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan bertindak sebagai pelemas otot polos dan memperbaiki aliran kalsium dan kalium ke dalam dan keluar sel. Ekstrak seledri membantu pembuluh darah mengembang dan berkontraksi, memperbaiki aliran darah, dan membantu kesehatan jantung secara keseluruhan.

⇒ Daun Seledri Dapat Mengatasi Peradangan

Sayuran Seledri penuh dengan polisakarida dan antioksidan. Antioksidan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kerusakan radikal bebas yang berkontribusi terhadap peradangan. Penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker atau arthritis disebabkan oleh peradangan.

Seledri memiliki selusin jenis antioksidan yang bermanfaat seperti asam ferulat, caffeicacid, dan quecetin. Seledri adalah obat rumah yang efektif untuk berbagai kondisi peradangan, termasuk infeksi hati dan ginjal, pertarungan, nyeri sendi, sindrom iritasi usus, gangguan kulit dan infeksi saluran kemih.

⇒ Daun Seledri Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi

Konsumsi seledri secara teratur efektif dalam mengurangi kolesterol tinggi. Seledri mengandung senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang sebelumnya telah dilaporkan memiliki tindakan penurun lipid.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi di Universitas Singapura, ketika tikus diberi makan diet tinggi lemak selama delapan minggu, tikus yang telah diberi ekstrak seledri menunjukkan tingkat lipid yang lebih rendah dalam darah mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol dari tikus yang tidak menerima ekstrak seledri.

Kelompok suplementasi dengan ekstrak seledri mengalami penurunan yang bermanfaat dalam serum total kolesterol (TC), konsentrasi kolesterol lipoprotein rendah (LDL-C) dan trigliserida (TG) konsentrasi.

Jika anda ingin menurunkan kadar kolesterol secara alami, Anda bisa menambahkan seledri ke menu harian anda.

⇒ Daun Seledri Dapat Mencegah Penyakit Hati

Seledri adalah makanan pembersih hati yang ideal. Konsumsi seledri secara teratur dapat membantu melindungi kesehatan ginjal dan mencegah penyakit hati. Seledri mengandung vitamin C, B, dan A dan zat besi yang tinggi. Mengandung sifat diuretik, seledri dapat membuang racun, limbah, dan kontaminan dari tubuh Anda.

⇒ Daun Seledri Dapat Mengatasi Perut Kembung Dan Meningkatkan Sistem Pencernaan

Efek diuretik seledri membawa sejumlah manfaat pencernaan. Makan seledri dapat mengobati retensi air, meredakan kembung dan meningkatkan pencernaan. Seledri efektif dalam mengurangi tekanan darah karena mengandung sifat anti-hipertensi.

⇒ Daun Seledri Dapat Mencegah Kanker

Seledri mengandung phthalides, flavonoid seperti luteolin, dan polyacetylenes. Sebuah penelitian yang dilakukan di Biologi Molekuler dan Program Kanker Paru , Lovelace Respiratory Research Institute, AS menunjukkan bahwa luteolin memiliki sifat melawan kanker.

Seledri juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu, yang secara efektif dapat mencegah kanker juga. Komponen antioksidan ini mencari radikal bebas dan menetralisirnya sebelum mereka dapat menyebabkan kondisi seperti kanker.

⇒ Daun Seledri Dapat Mencegah Penyakit ISK ( Infeksi Saluran Kencing )

Seledri memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi urin dan menurunkan asam urat; Oleh karena itu, makan seledri secara teratur dapat membantu mencegah infeksi bakteri di dalam saluran pencernaan dan organ reproduksi .

Seperti cranberry, seledri adalah obat rumah yang efektif untuk gangguan kandung kemih, infeksi saluran kemih, masalah ginjal dan kista pada organ reproduksi

⇒ Daun Seledri Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam seledri Kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih aktif dan efisien. Mengonsumsi sayuran kaya vitamin C secara teratur dapat mengurangi risiko terkena flu biasa, serta melindungi Anda dari berbagai penyakit lainnya.

⇒ Daun Seledri Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Seledri termasuk dalam daftar makanan untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori. Konsumsi seledri secara teratur dapat memberikan mineral penting, vitamin, dan nutrisi penting . Ini meningkatkan metabolisme lipid dan kaya elektrolit, antioksidan, kalium, vitamin B dan vitamin C.

⇒ Daun Seledri Dapat Membantu Mengurangi Gejala Penyakit Asma

Vitamin C yang terdapat dalam seledri  dapat mengusir berbagai macam radikal bebas dan juga memiliki anti-inflamasi sifat yang mengurangi keparahan kondisi peradangan seperti asma

⇒ Daun Seledri Dapat Mencegah Ulkus

Sayuran seledri Dapat membantu mencegah atau mengurangi pembentukan bisul yang menyakitkan.

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Biology menemukan bahwa seledri mengandung sejenis ekstrak etanol khusus yang berguna untuk melindungi lapisan saluran pencernaan dari bisul .

Ekstrak seledri memiliki kemampuan untuk secara signifikan mengisi kembali tingkat lendir lambung yang dibutuhkan di lapisan lambung untuk mencegah lubang kecil dan bukaan dari pembentukan.

Para peneliti percaya seledri menyehatkan perut, usus besar dan usus karena adanya kandungan kimia, seperti flavonoid, tanin, minyak atsiri dan alkaloid, yang mengontrol tingkat asam lambung yang dilepaskan sementara juga meningkatkan tingkat lendir pelindung.

Baca Juga :

Ubaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.