12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Yang Mudah Di Dapat Dan Rasanya Juga Lezat. Ingin Tahu Apa Saja Makanan Tersebut ? Simak Informasinya DISINI.


Tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah anda berada diatas kadar normal yakni berkisar 140/90 mmHg dan terjadi secara terus menerus.

Seiring bergulirnya waktu, Kondisi tekanan darah tinggi ini dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang mengarah ke penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit ginjal , stroke dan penyakit lainya.

Dan perlu anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi kebanyakan tidak dapat dirasakan karena jarang sekali muncul tanda dan gejalanya, Dan satu-satunya cara untuk mengetahui apakah tekanan darah kita tinggi atau tidak adalah dengan cara cek tekanan darah.

Maka tidak heran jika tekanan darah tinggi ini sering disebut juga SILENT KILLER atau PEMBUNUH DIAM-DIAM, Karena kebanyakan orang tidak tahu bahwa dirinya menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Salah satu cara paling gampang untuk mencegah dan menormalkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengubah pola makan sehari-hari. Penelitian telah menunjukan bahwa ada beberapa makanan tertentu yang dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun jangka panjang.

Dalam artikel ini akan dibahas beberapa rekomendasi makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

12 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

⇒ Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang paling populer di dunia, Selain rasanya yang lezat dan khas, buah pisang ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan loh, salah satunya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi.

Di dalam Buah pisang ini terdapat kandungan Pottasium dan mineral yang sangat tinggi, kedua kandungan tersebut memiliki peranan aktif dalam mengelola hipertensi.

Menurut American Heart Association, potasium mengurangi efek natrium dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah.

⇒ Buah Semangka

Buah Semangka merupakan salah satu buah Favorit di indonesia, Buah berwarna merah cerah ini banyak digemari dari berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Buah semangka rasanya manis dan memiliki kandungan air yang banyak sehingga sangat cocok untuk menghilangkan rasa dahaga di siang hari.

Mengkonsumsi buah semangka setiap hari ternyata sangat bagus untuk kesehatan loh, Salah satu khasiat dan manfaatnya adalah dapat menormalkan tekanan darah anda.

Buah Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline, yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi.

Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas dalam arteri. Efek ini membantu aliran darah, yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

⇒ Buah Kiwi

Taukah anda dengan buah kiwi ? Buah ini memiliki bentuk yang mirip dengan buah sawo, yakni kulit buahnya berwarna cokelat dan daging buahnya bisa langsung dimakan.

Daging buah kiwi ini ada yang berwarna hijau dan ada juga yang berwarna kuning keemasan. Selain enak dimakan, buah ini juga memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan, salah satu khasiatnya adalah dapat mengatasi masalah hipertensi.

Di dalam buah kiwi terdapat kandungan kalium yang sangat tinggi, kalium yang dikenal sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Kalium juga penting untuk menjaga fungsi otot dan gerak reflek sistem saraf. Kalium juga berperan menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

Selain kalium, buah kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang sangat bagus untuk menangkal berbagai macam radikal bebas dalam tubuh.

⇒ Buah Delima

Buah delima merupakan salah satu buah yang keberadaanya kini semakin langka dan susah di dapat.

Buah yang juga disebut pomegranate ini punya banyak manfaat ajaib bagi kesehatan , salah satunya adalah dapat mengatasi masalah jantung dan tekanan darah tinggi.

Di dalam Buah delima terdapat kandungan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan alami. Artinya buah delima dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada dinding arteri, sehingga mencegah penyakit jantung.

Buah ini juga mampu menjaga kadar kolesterol buruk agar tak terjadi plak dan menyebabkan masalah koroner jantung.

Buah ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan mencegah aktivitas serum enzim pengubah angiotensin. Asam punisat adalah salah satu komponen dalam delima yang membantu menurunkan kolesterol, trigliserida dan mengurangi tekanan darah.

⇒ Buah Alpukat

Buah berwarna hijau ini biasanya sering digunakan untuk membuat jus dan sebagai bahan pembuat desert.

Rasanya yang lezat dan khas membuat banyak orang menyukai buah alpukat ini, bahkan sekarang buah ini dianggap sebagai buah super bagi mereka yang selalu menerapkan hidup sehat.

Rutin mengkonsumsi buah alpukat ternyata sangat bagus untuk kesehatan tubuh, Salah satu khasiat yang akan di dapat adalah , tekanan darah menjadi normal dan jantung menjadi lebih sehat.

Salah satu kandungan yang berperan aktif dalam menstabilkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah adalah kandungan potasium.

⇒ Buah Bit

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi buah bit setiap hari ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Buah Bit tinggi akan kandungan oksida nitrat, yang mana kandungan tersebut dapat membantu membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Para peneliti juga menemukan bahwa nitrat dalam jus bit menurunkan tekanan darah peserta penelitian hanya dalam 24 jam.

⇒ Buah Jambu Biji

Jika anda mendengar buah jambu biji mungkin anda akan mengingat penyakit Demam Berdarah, Hal tersebut karena buah ini memang populer ketika penyakit demam berdarah merebak.

Namun, selain bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penderita DBD, jambu biji ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi loh.

Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

⇒ Jenis Buah Berries

Berries adalah makanan yang baik untuk tekanan darah tinggi. Blueberry dan stroberi mengandung anthocyanin, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah seseorang.

Blueberry dan stroberi mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid.Peneliti melakukan penelitian besar dengan lebih dari 34.000 orang dengan hipertensi.

Mereka menemukan bahwa mereka dengan asupan anthocyanin tertinggi – terutama dari blueberry dan stroberi – memiliki 8 persen pengurangan risiko tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan antosianin yang rendah.

⇒ Buah Bit

Minum jus bit dapat mengurangi tekanan darah dalam jangka pendek dan panjang.

Pada 2015, para peneliti melaporkan bahwa meminum jus bit merah menyebabkan tekanan darah lebih rendah pada orang dengan hipertensi yang minum 250 mililiter, sekitar 1 cangkir, jus setiap hari selama 4 minggu. Para peneliti memperhatikan beberapa efek positif dalam 24 jam.

Dalam studi ini, mereka yang minum 1 cangkir jus bit setiap hari memiliki penurunan tekanan darah rata-rata sekitar 8/4 milimeter merkuri (mm Hg). Bagi banyak orang, perubahan ini membawa tekanan darah mereka dalam kisaran normal. Rata-rata, obat tekanan darah tunggal mengurangi tingkat oleh 9/5 mm Hg.

Para peneliti menyarankan bahwa tingkat nitrat anorganik yang tinggi menyebabkan penurunan tekanan darah.

⇒ Beberapa Jenis Sayuran Hijau

Sayuran hijau berdaun kaya akan nitrat, yang membantu mengatur tekanan darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan 1-2 porsi sayuran kaya nitrat setiap hari dapat mengurangi hipertensi hingga 24 jam.

Contoh sayuran hijau meliputi :

  • kubis
  • sejenis sawi
  • adas
  • kubis
  • selada
  • sawi hijau
  • bayam

⇒ Bawang Putih

Selain digunakan sebagai penyedap masakan, Ternyata bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Bawang putih adalah makanan alami antibiotik dan antijamur. Bahan aktif utamanya, allicin, sering bertanggung jawab untuk manfaat kesehatan terkait.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih meningkatkan produksi nitrat oksida tubuh, yang membantu otot-otot halus untuk rileks dan pembuluh darah membesar. Perubahan-perubahan ini dapat mengurangi hipertensi.

Satu studi melaporkan bahwa ekstrak bawang putih mengurangi baik tekanan darah sistolik dan diastolik pada orang hipertensi.

⇒ Yogurt Alami

The American Heart Association telah melaporkan bahwa yogurt dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi pada wanita.

Para peneliti menemukan bahwa wanita paruh baya yang mengonsumsi lima atau lebih porsi yoghurt setiap minggu selama 18-30 tahun menunjukkan penurunan 20 persen dalam risiko hipertensi bila dibandingkan dengan wanita yang sama berusia yang jarang makan yogurt.

Para pria dalam penelitian itu tampaknya tidak memiliki manfaat yang sama, tetapi asupan yoghurt mereka cenderung lebih rendah.

Penting untuk dicatat bahwa Dewan Susu Nasional di AS mendanai penelitian ini.

Yoghurt tanpa pemanis, seperti yogurt alami atau Yunani, cenderung memiliki lebih banyak manfaat.

Itulah Informasi Mengenai Buah-buahan dan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk anda. Jangan Lupa Untuk Di Share ya 🙂

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.