14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan. Kira – Kira Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Sayuran Hijau Ini ? Simak Informasinya DISINI.


Apa Itu Brokoli ?

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang paling banyak digemari masarakat. Sayuran dengan nama latin  (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) merupakan sayuran yang termasuk dalam jenis kubis -kubisan.

Bagian brokoli yang sering dimakan adalah bagian kepala bunga yang berwarna hijau, Bunga brokoli ini memang mirip sekali dengan kembang kol, namun kembang kol berwarna putih sedangkan brokoli berwarna hijau.

Jika anda salah satu penggemar sayuran brokoli, Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa saja khasiat dan manfaat yang terkandung di dalam sayuran brokoli ini.

Dengan mengetahui apa saja khasiat dan manfaatnya, mudah-mudahan kita menjadi tambah semangat untuk mengkonsumsi sayuran ini.

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Dalam Sayuran Brokoli

Brokoli sangat kaya dengan kandungan serat dan protein seperti tryptophan. Menurut USDA National Nutrient Database, Di dalam brokoli terdapat kandungan seperti vitamin A , beta-karoten, lutein zeaxanthin, tiamin , riboflavin , niasin , dan asam pantotenat .

Seiring dengan itu, brokoli juga mengandung vitamin B6 , folat ( vitamin B9 ), vitamin C , vitamin E , vitamin B1, dan vitamin K . Mineral di dalamnya termasuk kalsium , zat besi , magnesium ,seng , natrium , kalium , dan fosfor . Sayuran ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sehat.

Jumlah Kalori Dalam Sayuran Brokoli

Satu porsi 100 gram brokoli memiliki sekitar 34 kalori, menjadikannya sebagai tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan .


14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

14 Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan⇒ Dapat Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Brokoli mengandung senyawa fenolik tertentu yang membantu mencegah penyakit kronis. Hal ini mengurangi peluang Anda menderita kanker, diabetes , asma , gangguan jantung , dan banyak penyakit mematikan lainnya, sehingga menurunkan angka kematian.

⇒ Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Otak

Sayuran Brokoli Kaya vitamin K dan kolin, brokoli membantu meningkatkan kognisi dan memori. Selain itu, sulforaphane di dalamnya juga membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif.

⇒ Dapat Membantu Mengurangi Alergi

Sayuran Brokoli juga kaya akan kandungan Vitamin C , Perlu anda ketahui bahwa Vitamin C tersebut sangat bagus untuk mengurangi gejala alergi . Hal ini dikenal untuk mengurangi efek polusi dan membuat Anda bebas dari reaksi alergi.

⇒ Dapat Membantu Mengatasi Peradangan

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Jurnal Pencegahan Nutrisi dan Makanan Sains menunjukkan bahwa sayuran brokoli memiliki efek antioksidan dan anti- inflamasi yang kuat.

Brokoli memiliki antioksidan seperti vitamin C, kalium, magnesium, sulforaphane, kaempferol, dan banyak lainnya, yang membuat sayuran ini baik untuk meredakan radang dan mengurangi kemungkinan seseorang menderita kanker dan serangan jantung.

⇒ Dapat Membantu Mengatasi Penuaan Dini

Brokoli memerangi proses penuaan dengan bantuan senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide (NMN) yang ada di dalamnya.

NMN mempromosikan produksi senyawa yang memicu metabolisme dan karenanya mencegah perubahan genetik yang mengarah pada penuaan dini. Antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan kolagen juga memainkan peran kunci dalam menunda penuaan.

⇒ Dapat Membantu Meningkatkan Kinerja Seksual

Brokoli dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ tubuh dan membantu meningkatkan libido. Sayuran ini juga mengandung folat dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma.

⇒ Dapat Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin D , vitamin K, folat, dan vitamin A dalam membantu brokoli dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Serat, khususnya, menunjukkan TEF (efek termis dari makanan) dan meningkatkan laju metabolisme Anda setelah makan.

⇒ Dapat Membantu Mengobati Diabetes

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, menunjukkan bahwa sayuran brokoli dapat meningkatkan resistensi insulin pada pasien diabetes tipe 2.

Untuk menguraikannya, ini menunjukkan bahwa sulforaphane dan kaempferol dalam makanan cruciferous ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga membantu mengendalikannya.

⇒ Dapat Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kehadiran vitamin C, sulfur, dan asam amino membuat brokoli menjadi detoxifier yang sangat baik.

Sayuran ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menyingkirkan masalah terkait toksin seperti bisul , gatal, ruam, asam urat , radang sendi , rematik, batu ginjal, penyakit kulit seperti eksim , dan pengerasan kulit. Ini adalah sayuran alkalin yang membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh.

⇒ Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Perut

Brokoli sangat kaya serat atau serat, yang membantu menyembuhkan sembelit karena itulah akar penyebab hampir semua gangguan perut.

Serat menambah beratnya makanan, menahan air, dan menstimulasi gerakan usus yang sehat. Magnesium dan vitamin yang ada di dalamnya menyembuhkan keasaman , memfasilitasi pencernaan yang tepat dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.

⇒ Dapat Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Bersama dengan glucoraphanin, kandungan serat tinggi dalam brokoli membantu mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat dan menjaga jantung berfungsi dengan baik.

Selain itu, mengurangi empedu memiliki dampak yang kuat pada kadar kolesterol, sehingga membantu kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat lebih baik bergabung dengan empedu, membuatnya lebih mudah dan efisien untuk dikeluarkan. Kaempferol adalah flavonoid yang juga membantu menjaga jantung tetap sehat karena sifat anti-peradangannya.

⇒ Dapat Membantu Merawat Kesehatan Mata

Karotenoid seperti zeaxanthin, beta-karoten, dan fosfor, dan vitamin lain seperti vitamin A, B kompleks, C, dan E yang ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan okular.

Zat ini melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, sementara juga memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi.

⇒ Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi

Brokoli menjaga tulang dan gigi tetap kuat karena kaya akan vitamin K, kalsium, magnesium, seng, dan fosfor. Makan itu bisa sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak, orang tua, dan wanita hamil atau menyusui.

Itu karena ini adalah orang-orang yang paling rentan terhadap osteoporosis , melemahnya tulang dan gigi, dan kekurangan kalsium.Selain itu, vitamin K sangat penting untuk pembentukan osteocalcin, yang merupakan protein, hanya ditemukan di tulang.

Baca Juga :

Manfaat Brokoli Yang MenakjubkanManfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Manfaat Brokoli Yang Menakjubkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.