15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui, Kira-kira Apa Saja Ya Khasiat Dan Manfaatnya ? Simak Informasinya DISINI.


Daun yang memiliki Nama latin centella asiatica merupakan tanaman herbal yang berasal dari daerah tropis seperti Indonesia, China dan india.

Di indonesia, Daun pegagan memiliki banyak nama seperti Daun Antanan ( Di Jawa Barat ), peugaga ( Aceh ), piduh ( Bali ), Pagaga ( Makassar ).

Di daerah china dan india, tanaman ini sering disebut sebagai ” Ramuan Umur Panjang ” hal ini dipercaya bahwa jika mengkonsumsi ramuan daun pegagan ini, kita akan panjang umur.

Terlepas dari mitos tersebut, Ternyata di dalam daun pegagan ini terdapat banyak sekali khasiat dan manfaatnya untuk kesehatan.

Khasiat dan manfaat daun pegagan ini memang sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sejak zaman nenek moyang kita.

15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

⇒ Dapat Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Di dalam daun peganan terdapat kandungan Saponin dan senyawa organik lainnya yang dapat merangsang proses penyembuhan di lokasi luka. Dengan merangsang aliran darah ke sel dan melindungi terhadap infeksi, itu dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cepat .

⇒ Dapat Mengatasi Rambut Rontok

Daun Pegagan juga sangat terkenal untuk perawatan kerontokan rambut . Ramuan ini juga bertindak sebagai platform untuk pertumbuhan kembali rambut.

Kerontokan rambut terjadi ketika folikel rambut menjadi lemah karena kekurangan gizi. Ramuan ini memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat folikel rambut dan memberi nutrisi pada kulit kepala.

Ini memperkuat pembuluh darah di daerah dan memungkinkan folikel rambut kecil untuk berkembang.

⇒ Peningkatan Fungsi Otak Dan Panjang Umur

Di India Dan China Daun pegagan dikenal sebagai ramuan umur panjang. Master Taois dan herbalis Li Ching-Yuen, pada masanya, seorang pendukung dan pengguna tanaman yang terkenal.

Teks medis Cina kuno melaporkan bahwa ia meninggal pada usia matang 256 tahun dan atribut umur panjangnya sebagian besar untuk penggunaan daun pegagan setiap hari.

Sementara akurasi dari catatan-catatan ini diperdebatkan, faktanya adalah bahwa daun pegagan adalah ramuan yang dipelajari dengan baik, dan sebagian besar sifat penyembuhan dan terapi, termasuk kemampuannya untuk memperpanjang hidup secara terukur, telah didokumentasikan dan divalidasi oleh ilmiah

Sifat yang memperpanjang kehidupan yang kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi sinergis dari efeknya yang kuat pada pikiran, tubuh, dan jiwa.

Manfaat tanaman ini berkisar dari meningkatkan memori dan memulihkan sel otak dan fungsi saraf untuk meningkatkan kualitas dan sirkulasi darah, memulihkan pencernaan dan mempercepat penyembuhan luka.

⇒ Dapat Mengobati Penyakit Alzheimer

Daun pegagan memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf, yang memberikan potensi dalam mengobati penyakit Alzheimer .

Bahkan, satu studi pada tahun 2012 pada tikus menemukan bahwa ekstrak pegagan memiliki efek positif pada kelainan perilaku pada tikus dengan penyakit Alzheimer.

Ekstrak juga diperlihatkan, dalam penelitian laboratorium dan hewan, memiliki efek sederhana untuk melindungi sel-sel otak dari keracunan. Ini juga dapat melindungi sel-sel dari pembentukan plak yang terkait dengan Alzheimer.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana pegagan dapat digunakan untuk mengobati Alzheimer. Jika Anda tertarik untuk menambahkan ini ke rencana perawatan Anda, bicaralah dengan dokter Anda sebelum digunakan.

⇒ Dapat Membantu Mengurangi Kecemasan dan Stres

Para peneliti dalam penelitian hewan dari tahun 2016 menemukan bahwa daun pegagan memiliki efek anti-kecemasan pada tikus jantan yang kurang tidur selama 72 jam. Kurang tidur dapat menyebabkan kecemasan, kerusakan oksidatif, dan peradangan saraf.

Tikus yang diberi pegagan selama lima hari berturut-turut sebelum menjalani tidur kurang mengalami perilaku yang kurang seperti kecemasan. Mereka juga mengalami peningkatan aktivitas lokomotor dan lebih sedikit kerusakan oksidatif.

Tinjauan 2013 obat-obatan herbal anti-kecemasan juga menyimpulkan bahwa pegagan memiliki efek anti-kecemasan akut. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

⇒ Dapat Bertindak Sebagai Anti Depresan

Efek positif dari daun pegagan pada fungsi otak juga dapat membuatnya menjadi antidepresan yang efektif.

Sebuah tinjauan dari 2016 mendukung temuan ini, sebagian karena penelitian pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum . Para peserta diminta untuk mengambil pegagan sebagai pengganti obat antidepresan mereka selama 60 hari. Mereka melaporkan penurunan stres, kecemasan, dan depresi.

Studi lain yang dibahas dalam review menilai efek pegagan pada tikus yang diinduksi dengan depresi kronis . Obat herbal memiliki efek positif pada unsur-unsur tertentu dari depresi perilaku, termasuk berat badan, suhu tubuh, dan detak jantung.

⇒ Dapat Melancarkan Sirkulasi Dan Mengurangi Pembengkakan

Penelitian dari tahun 2001 menemukan bahwa pegagan dapat mengurangi masalah dengan retensi cairan, pembengkakan pergelangan kaki, dan sirkulasi yang terkait dengan mengambil penerbangan yang berlangsung lebih lama dari tiga jam.

Peserta yang mengalami penyakit vena superfisial ringan hingga sedang dengan varises diminta untuk mengambil pegagan selama dua hari sebelum penerbangan mereka, hari penerbangan mereka, dan sehari setelah penerbangan mereka.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen mengalami retensi cairan dan pembengkakan pergelangan kaki yang jauh lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Penelitian yang lebih lama juga menunjukkan bahwa pegagan dapat berguna dalam mengobati varises. Ini mungkin karena pegagan memiliki efek metabolik positif pada jaringan ikat pada dinding pembuluh darah.

⇒ Dapat Membantu Meredakan Sakit Pada Sendi

Sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam daun pegagan mungkin berguna dalam mengobati radang sendi .

Bahkan, salah satu studi pada tahun 2014 tentang arthritis yang diinduksi kolagen pada tikus menemukan bahwa pemberian daun pegagan dapat mengurangi peradangan sendi, erosi kartilago, dan erosi tulang. Efek antioksidan juga memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh.

⇒ Dapat Membantu Mengatasi Insomnia

Mengingat kemampuannya yang dirasakan untuk mengobati kecemasan, stres, dan depresi, pegagan juga dapat digunakan untuk mengobati insomnia yang terkadang menyertai kondisi ini.

Beberapa menganggap obat herbal ini menjadi alternatif yang aman untuk obat resep yang digunakan untuk mengobati insomnia dan gangguan tidur lainnya.

Meskipun penelitian yang lebih lama menunjukkan bahwa pegagan dapat membantu mengobati gangguan tidur , penelitian tambahan diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Beberapa khasiat daun pegagan Lainya :

  1. Meningkatkan kemampuan penyembuhan dari jaringan epidermis kulit.
  2. Merangsang pertumbuhan pembuluh darah ke dalam jaringan ikat.
  3. Meningkatkan konsentrasi antioksidan dan kolagen pada luka dan merangsang penyembuhan luka.
  4. Meningkatkan aktivitas anti-kecemasan dan meningkatkan fungsi mental.
  5. Anti-inflamasi.

Kondisi umum untuk menggunakan daun pegagan

Pegagan telah digunakan untuk mengobati kondisi kulit kronis (termasuk lepra), hepatitis, reumatik, diare, demam dan asma. Penelitian paling modern menunjukkan beberapa kondisi umum untuk menggunakan daun pegagan adalah:

  • Terjadi gangguan pada jaringan ikat, termasuk luka bakar.
  • Penyakit sendi.
  • Gangguan pembuluh darah.
  • Kesehatan mental, seperti saat cemas dan insomnia.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.