9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui. Kira-kira Apa Saja Khasiat Dan Manfaat daun Kelor ? Simak Informasinya DISINI.


Bagi masarakat yang tinggal di pedesaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan daun kelor. Daun ini memang sering digunakan sebagai lalapan atau sayuran di daerah pedesaan bahkan sudah menjadi menu favorit.

Tanaman dengan nama latin Moringa oleifera ini ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan loh, bahkan bisa mengobati beberapa penyakit.

Di dalam daun kelor ini terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E.

Tanaman ini sangat populer di luar negeri, bahkan dikatakan sebagai SUPER FOOD karena di dalamnya terdapat Kandungan anti-inflamasi, antioksidan, dan pelindung jaringan yang kuat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan ?

9 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan⇒ Daun Kelor Dapat Mengobati Asam Urat

Daun kelor sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit asam urat secara alami, karena di dalam daun kelor mengandung senyawa aktif yaitu flovonoids dan alkoloid yang dapat mencegah terbentuknya asam urat, selain itu daun kelor juga bisa digunakan sebagai anti peradangan dan pereda nyeri.

Jenis alkoloid yang dapat menghambat pembentukan asam urat adalah kholkicin, selain itu senyawa tersebut juga dapat menghilangkan reaksi peradangan, jika reaksi dapat dihambat itu dapat menghindari bengkak merah pada sendi.

Daun kelor bisa mengurangi rasa sakit di persendian dan juga bisa mengurangi asam urat di persendian

⇒ Daun Kelor Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Daun kelor mengandung sejenis asam yang disebut asam klorogenat, yang telah terbukti membantu mengontrol kadar gula darah dan memungkinkan sel untuk mengambil atau melepaskan glukosa (gula) sesuai kebutuhan.

Ini memberikan sifat alami anti-diabetes dan hormon penyeimbang alami. Selain asam chloregnic, senyawa yang disebut isothiocyanate yang hadir dalam daun kelor juga terikat pada perlindungan alami terhadap diabetes .

Sebuah studi yang muncul dalam International Journal of Food Science Technology menemukan bahwa daun kelor memiliki efek positif pada kendali glukosa darah dan kadar insulin pada pasien dengan diabetes ketika dimakan sebagai bagian dari makanan tinggi karbohidrat.

⇒ Daun Kelor Dapat Mencegah Dan Mengobati Kanker

Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang dapat membantu mencegah kanker berkembang. Ini juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

⇒ Daun Kelor Dapat Melindungi Hati

Daun kelor mengandung konsentrasi tinggi polifenol di daun dan bunga yang melindungi hati terhadap oksidasi, toksisitas, dan kerusakan.

Tanaman Kelor dapat mengurangi kerusakan hati dan fibrosis dan oksidasi terbalik di hati. Minyak kelor juga dapat mengembalikan enzim hati ke tingkat normal , mengurangi stres oksidatif, dan meningkatkan kandungan protein di hati.

Hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi darah, produksi empedu, metabolisme fruktosa, metabolisme lemak, dan pengolahan nutrisi, dan hanya dapat memenuhi fungsi-fungsi ini dengan bantuan enzim hati, jadi penting mereka tetap pada tingkat normal. Misalnya, tingkat enzim hati yang lebih rendah dapat merusak kemampuannya untuk menyaring darah.

⇒ Daun Kelor Dapat Membantu Berbagai Keluhan Sakit Perut

Ekstrak daun kelor dapat membantu mengobati beberapa gangguan perut, seperti sembelit , gastritis, dan kolitis ulserativa. Sifat antibiotik dan antibakteri dari daun kelor ini dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai patogen, dan kandungan vitamin B yang tinggi membantu pencernaan.

⇒ Daun Kelor Dapat Membuat Tulang Lebih Sehat

Tanaman Kelor juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Seiring dengan sifat anti-inflamasi ekstrak kelor dapat membantu untuk mengobati kondisi seperti radang sendi dan juga dapat menyembuhkan tulang yang rusak.

⇒ Daun Kelor Dapat Menurunkan Kolesterol

Daun kelor mengandung pembakaran lemak dan sifat pelangsingan yang menyehatkan dan memberi energi pada tubuh Anda. Daun ini berguna untuk secara alami menghentikan keinginan ngengat dan untuk meningkatkan energi untuk gaya hidup yang sehat dan aktif. Kadar kolesterol yang rendah membantu mengurangi penyakit jantung dan banyak masalah kardiovaskular lainnya.

⇒ Daun Kelor Dapat Mendukung Kesehatan Otak

Daun Kelor dapat mendukung kesehatan otak dan fungsi kognitif karena aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini juga telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang baik .

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang menyebabkan degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak. Ini juga mampu menormalkan serotonin neurotransmitter, dopamine, dan noradrenalin di otak, yang memainkan peran kunci dalam memori, suasana hati, fungsi organ, tanggapan terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental , misalnya dalam depresi dan psikosis.

⇒ Daun Kelor Dapat Melawan Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

Karena sifat antibakteri, antijamur, dan antimikrobanya, ekstrak daun kelor dapat memerangi infeksi yang disebabkan oleh Salmonella , Rhizopus , dan E. coli .

Baca Juga :

Ubaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.