Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Mengalami Diare

Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Mengalami Diare

Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Mengalami Diare

Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Mengalami Diare , Apa Saja Yang Harus Dimakan Dan Apa Saja Yang Harus Di Hindari ? Simak DISINI.


Jika saat ini anda sedang mengalami buang air besar namun bentuknya cair dan terus menerus lebih dari 5 kali dalam sehari, maka kemungkinan besar saat ini anda mengalami DIARE.

Gejala yang muncul ketika diare biasanya adalah perut terasa kembung, tubuh terasa lelah , kepala pusing, dan terkadang disertai dengan mual dan muntah.

Penyakit diare ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, baik itu anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua.

Diare ini bisa berlangsung sampai beberapa hari, namun pada umumnya berlangsung sekitar 2-3 harian.

Seringnya keluar masuk WC akan sangat mengganggu aktivitas anda, Oleh sebab itu jika anda mengalami diare, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mampu meredakan gejala diare dan menghindari makanan yang menyebabkan diare semakin parah.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Ketika Mengalami Diare

Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Mengalami DiareSaat pemulihan diri dari diare seseorang harus mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna dan dapat menyerap air dari tinja.

⇒ Mengkonsumsi Makanan Hambar

Ketika anda terserang diare, maka makanan yang harus anda makan adalah makanan yang hambar, Karena mengkonsumsi makanan pedas dapat memperburuk diare. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan hambar yang bisa juga untuk mengatasi mencret saat diare :

  • Bubur Ayam
  • Oatmeal
  • Sereal Gandum
  • Pisang
  • Saus Apel
  • Nasi Putih Biasa
  • Roti
  • Kentang Rebus
  • Biskuit Tanpa Selai

Beberapa makanan diatas bisa menjadi Referensi ketika anda mengalami diare dan bingung harus mengkonsumsi apa untuk menambah tenaga.

⇒ Mengkonsumsi Makanan Probiotik

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan probiotik seperti Yogurt dan kefir. Probiotik membantu pencernaan dengan meningkatkan keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus. Namun, produk susu dapat mengiritasi sistem pencernaan, sehingga seseorang mungkin ingin mencoba sumber probiotik non-susu, seperti miso atau sauerkraut.

Yang Harus Diminum Ketika Anda Mengalami Diare

Asupan cairan sangat penting ketika anda mengalami diare, dan hal ini berguna untuk mencegah tubuh kekurangan cairan akibat diare.

Minum banyak air membantu mencegah dehidrasi dan membuang racun keluar dari tubuh.

Namun demikian, seperti halnya air, tubuh juga kehilangan mineral dan elektrolit melalui diare. Orang harus mencoba minum cairan yang mengandung mineral dan elektrolit untuk mengisi mereka yang hilang. Sumber elektrolit dan mineral meliputi :

  • Sup kaldu
  • Air kelapa
  • Air elektrolit

Makanan Yang Dihindari Ketika Mengalami Diare

⇒ Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas ketika mengalami diare dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan, Oleh sebab itulah, seseorang yang mengalami diare harus menghindari makanan pedas dan disarankan mengkonsumsi makanan hambar supaya diare tidak bertambah parah, pencernaan aman dan tidak iritasi.

⇒ Jangan Mengkonsumsi Gorengan

Saat Proses Pemulihan penyembuhan, Penderita Diare TIDAK DIPERBOLEHKAN mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi atau minyak.

Lemak dan minyak yang dihasilkan dari gorengan dapat memperburuk DIARE karena lemak dan minyak tersebut membuat pencernaan menjadi sensitif.

Untuk gantinya, anda bisa mengkonsumsi sayuran yang direbus.

⇒ Jangan Mengkonsumsi Makanan Manis Dan Yang Mengandung Pemanis Buatan

Zat Gula yang masuk ke dalam usus besar bisa mengganggu bakteri yang sudah sensitif di sana, membuat diare lebih buruk. Ini termasuk jus buah dan buah-buahan gula tinggi.

Orang dengan diare juga harus menghindari pemanis buatan, karena beberapa orang dapat memiliki efek laksatif.

⇒ Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Serat Tinggi

Pada umumnya mengkonsumsi makanan yang berserat itu sangat bagus untuk tubuh, Namun ketika anda sedang dalam proses pemulihan dari diare sebaiknya hindari dulu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, karena dapat membuat gejala menjadi lebih buruk.

Serat Yang Tak Larut adalah penyebab utama Gejala diare semakin memburuk Dan biasanya ditemukan pada makanan seperti :

  • Gandum utuh
  • Roti gandum utuh atau makanan yang dipanggang
  • Kacang dan biji-bijian

Makanan Lainya Yang Harus Dihindari :

  • Alkohol Dan Kafein
  • Makanan dan Sayuran Yang Mengandung Gas Seperti : kubis, brokoli, dan kembang kol
  • Daging berlemak, termasuk ikan sarden, dan daging sapi muda
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Sayuran Mentah

Itulah informasi Mengenai Apa Saja Anjuran Dan Pantangan Makanan Ketika Anda Mengalami Diare. Mudah-mudahan informasi yang kami berikan menjadi referensi anda.

Jangan Lupa Untuk Di Share Ya 🙂

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.