Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat

Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat Yang Wajib Anda Ketahui Supaya Kondisi Asam Urat Tidak Bertambah Parah. Ingin Tahu Apa Saja ?


Penyakit Asam Urat merupakan suatu kondisi dimana Persendian mengalami peradangan dan menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Penyakit ini biasanya banyak di derita oleh orang tua, namun saat ini sudah banyak yang usianya masih muda sudah terkena penyakit asam urat.

Penyakit asam urat bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat dan biasanya disertai dengan pembengkakan sehingga membuat penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas apapun.

Persendian yang terkena asam urat biasanya kebanyakan menyerang persendian jari-jari kaki , tangan dan lutut.

Persendian yang terkena penyakit asam urat ini biasanya akan mengalami kekakuan dan sulit untuk digerakkan.

Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan asam urat yang disebabkan kadar asam urat dalam tubuh melebihi batas normal dan tidak dapat diolah dengan baik oleh ginjal sehingga menumpuk di persendian.

Penyebab tingginya penderita penyakit asam urat kebanyakan disebabkan karena pola makan yang salah seperti keseringan atau berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi.

Maka hal pertama yang harus diperhatikan ketika anda di diagnosis menderita penyakit asam urat adalah dengan memperhatikan Asupan makanan yang anda konsumsi.

Mengapa Makanan Yang Kita Konsumsi Sangat Berpengaruh Terhadap Asam Urat ?

Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam UratJika anda memiliki asam urat, maka makanan tertentu dapat memicu kambuhnya penyakit asam urat, hal ini terjadi karena ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat di tubuh.

Makanan yang memicu kambuhnya penyakit asam urat biasanya di dominasi oleh makanan yang mengandung zat purin yang tinggi.

Ketika tubuh anda mencerna zat purin, maka zat tersebut akan menjadikan asam urat menjadi limbah.

Hal tersebut tidak akan menjadi masalah bagi orang sehat, Karena mereka dapat mengeluarkan kadar asam urat berlebih dari tubuh.

Namun bagi penderita asam urat, hal ini akan menjadi masalah, karena kadar asam urat berlebih dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan dengan sempurna, dan akibatnya asam urat menumpuk di persendian dan menyebabkan serangan penyakit asam urat.

Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan beberap asupan makanan yang kita konsumsi agar terhindar dari penyakit asam urat.


Apa Saja Makanan Yang Boleh Di Konsumsi Oleh Penderita Penyakit Asam Urat ?

Intinya, semua makanan yang memiliki kandungan zat purin yang rendah sangat aman dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Konsumsilah Beberapa Makanan Dibawah ini :

⇒ Buah – buahan

Pisang

Konsumsilah buah pisang sebanyak 8-9 buah setiap harinya, hal ini sangat berguna untuk mengurangi pembengkakan akibat peradangan pada persendian

Ceri

Buah ceri mengandung antosianin yang masih tergolong zat anti-inflamasi. Antosianin ini merupakan zat baik yang mampu membuat kadar asam urat turun secara alami.Konsumsilah seharinya minimal 200 gram supaya hasil yang dirasakan dapat maksimal

Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan Asam Sitrat yang cukup tinggi, Zat tersebut sangat berguna untuk melarutkan zat asam urat di dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda Cukup dengan meminum perasan jeruk nipis sebanyak 2 kali setiap harinya secara teratur, kadar asam urat dijamin menurun dan Anda pun terhindar dari radang sendi.

Apel

Di dalam buah apel terdapat kandungan alami yang berkhasiat dapat menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Zat yang berkhasiat tersebut yakni asam malat, Kandungan asam malat yang tinggi pada buah apel dapat membantu penderita asam urat menjadi lebih sehat, karena kadar asam urat di dalam tubuh menjadi normal kembali.

Ketika kadar asam urat menjadi normal, maka rasa nyeri pun akan berkurang. Untuk mendapatkan khasiatnya , Konsumsilah 1 buah apel setiap harinya.

Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang tergolong juga jenis sayuran. Buah yang satu ini memang sudah dikenal sebagai buah yang bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun ternyata, selain menurunkan tekanan darah tinggi, buah ini juga bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh anda loh.

Untuk mendapatkan khasiatnya anda bisa langsung mengkonsumsi buah tomat ini secara langsung atau dengan dibuat jus tomat.

Stawberry

Buah mungil berwarna merah ini memang sudah sangat dikenal sebagai buah yang berkhasiat menurunkan kadar asam urat yang tinggi.

Untuk mendapatkan khasiatnya, anda bisa langsung mengkonsumsi buah ini setiap hari, atau bisa juga dibuat jus terlebih dahulu.

Di dalam 8 buah stroberi atau segelas jus stroberi ada kandungan 50 kalori sehingga aman bagi tubuh

Buah Naga

Buah naga merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan air sehingga inilah yang menawarkan khasiat dnegan melarutkan zat purin penyebab kadar asam urat naik dan tinggi. Setelah telarutkan, otomatis kemudian nanti zat purin tersebut akan dibuang bersama cairan tubuh, yakni melalui keringat dan juga air seni.

⇒ Gandum, kentang, dan beras merah sebagai karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat

⇒ Produk susu dan yoghurt rendah lemak atau tanpa lemak

⇒Jika makanan harus memakai minyak, gunakan minyak nabati seperti minyak kanola, minyak zaitun, dll

⇒ Perbanyak minum air putih.


Apa Saja Makanan Yang Tidak Boleh Di Konsumsi Oleh Penderita Penyakit Asam Urat ?

Makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit asam urat adalah makanan yang mengandung zat purin tinggi, karena jika mengkonsumsi makanan zat purin tinggi , kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat drastis dan menyebabkan penyakit asam urat menjadi kambuh. Oleh sebab itu hindarilah beberapa makanan dibawah ini :

  1. Sebagian jenis sayuran, yaitu bayam, kembang kol, kacang polong, jamur kacang merah, kacang panjang dan asparagus.
  2. Jeroan seperti hati, ginjal, otak dan jantung.
  3. Daging merah: daging bebek, sapi, kambing, kalkun dan angsa.
  4. Sebagian jenis ikan, yaitu tuna, sarden, makarel dan reri.
  5. Segala jenis makanan dan minuman yang tinggi kadar gulanya. Contohnya: minuman ringan, minuman bersoda dan lainnya.
  6. Makanan mengandung ragi.
  7. Makanan laut: Kepiting, cumi-cumi, tiram, udang, ikan sarden, ikan teri dan kerang
  8. Makanan sungai: Lele dan belut
  9. Makanan olahan berupa sirup jagung yang terdapat kandungan fruktosa tinggi. Selain itu, makanan olahan yang tinggi kandungan zat aditif dan pengawet.
  10. Susu kedelai. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kadar asam urat bisa naik sekitar 10 persen setelah minum susu kedelai.
  11. Minum-minuman keras.
  12. Es krim, air kelapa dan yang semacamnya.
  13. Ekstrak daging (dendeng, abon).
  14. Kacang kedelai (termasuk hasil olahannya berupa tahu, tempe, oncom, tauco, kacang tanah, kacang hijau dan emping / melinjo.

Kesimpulanya :

Penderita penyakit asam urat SANGAT WAJIB MEMPERHATIKAN ASUPAN MAKANAN YANG AKAN DIKONSUMSI dan utamakanlah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang rendah agar penyakit asam urat anda tidak kambuh lagi.

Itulah informasi mengenai Anjuran Dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Asam Urat . Mudah -mudahan informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi anda untuk menerapkan diet asam urat.

Jangan lupa untuk di share ya 🙂

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.