Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

13 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui – Ingin Tahu Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Dalam Buah Ajaib ini ? Simak Informasinya DISINI


Buah naga atau sering disebut juga dengan dragon fruit merupakan salah satu buah yang memiliki banyak peminat, khususnya di indonesia.

Buah yang berasal dari amerika tengah ini saat ini sudah menyebar di negara asia , seperti indonesia, malaysia, thailand , dan vietnam.

Sesuai dengan namanya, buah ini memiliki kulit buah yang berbentuk seperti sisik naga, Makanya disebut buah naga.

Buah naga sangat kaya kandungan nutrisi dan juga rendah kalori selain itu buah naga ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

Beberapa khasiat dan manfaat buah naga adalah : Dapat membantu melawan penyakit kronis, meningkatkan kesehatan usus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, mengontrol diabetes , memperbaiki sistem pencernaan, mengatasi anemia, menurunkan kolesterol, mencegah kanker , melawan bakteri dan radikal bebas serta meningkatkan energi tubuh.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Buah Naga

Buah naga adalah buah sehat, yang rendah kalori dan kaya antioksidan dan dapat ditambahkan ke dalam menu program diet.

Menurut USDA , buah naga kaya protein, serat, likopen, dan karbohidrat. Buah ini juga mengandung vitamin karoten , vitamin C, dan B seperti niasin dan riboflavin. Kekayaan mineral buah ini termasuk magnesium, kalsium, fosfor, besi, dan natrium.

Buah naga diyakini mengandung fitonutrien yang mencegah berbagai penyakit. Juga, penelitian yang dipublikasikan dalam Food Chemistry menunjukkan bahwa ada asam lemak tak jenuh ganda seperti asam linoleat dan asam linolenat, asam lemak omega 3 dan omega 6 dalam biji buah-buahan ini.

Khasiat Dan Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga⇒ Dapat Mencegah Kanker

Sebuah penelitian baru pada buah naga menunjukkan bahwa buah ini dapat membantu mencegah kanker seperti kanker usus besar.

Seiring dengan kualitas antioksidan dari vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya .

Menurut penelitian, karoten dan lycopene, yang ditemukan dalam buah-buahan ini, adalah antioksidan kuat yang telah dikaitkan dengan sejumlah kualitas anti-karsinogenik.

Zat Tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan kanker prostat serta ukuran tumor di tubuh. Pada dasarnya, buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi jika anda merasakan tubuh anda sering sakit-sakitan atau bahkan  Anda berisiko tinggi terkena kanker , maka sebaiknya segera konsumsi buah naga ini setiap hari.

⇒ Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah naga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang aktivitas antioksidan lain di dalam tubuh.

Menurut penelitian pada tahun 2011, Daging buah naga baik itu yang berwarna putih atau merah memiliki kandungan polifenol dan flavonoid tinggi yang mana kandungan ini dapat membantu menghilangkan radikal bebas.

Hal ini secara tidak langsung dapat mencegah Proliferasi sel kanker. Selain itu, antioksidan ini bekerja dengan cara meningkatkan jumlah trombosit, sehingga mengobati demam berdarah dan membantu Anda pulih dengan cepat.

⇒ Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dan rutin ternyata dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga sangat bermanfaat bagi penderita penyakit diabetes.

Pada penelitian tahun 2017 ditemukan bahwa penderita diabetes yang mengkonsumsi buah naga secara rutin menunjukkan penurunan kadar gula darah yang nyata dibandingkan penderita diabetes yang tidak makan buah naga.

⇒ Dapat Mengatasi Anemia

Buah naga juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada individu yang anemia. Ia juga membantu produksi sel darah merah (RBC), yang kemudian membantu dalam oksigenasi organ vital yang tepat.

⇒ Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry juga menunjukkan bahwa buah naga kaya oligosakarida yang membantu mempromosikan pertumbuhan bakteri usus seperti lactobacilli dan bifidobacteria. Studi ini pada prebiotik alami di Thailand menunjukkan bahwa buah membantu meningkatkan flora usus yang sehat, yang penting untuk pencernaan yang lancar.

Buah naga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yang berarti bahwa mereka dapat membantu melancarkan gerakan usus, memfasilitasi lintasan halus melalui saluran pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan jus pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus dengan serat makanan , buah ini membantu mencegah kondisi seperti konstipasi, sindrom iritasi usus , dan bahkan kanker kolorektal.

⇒ Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam buah naga membantu melawan tanda-tanda penuaan dengan mengurangi efek berbahaya dari radikal bebas di dalam tubuh. Mereka juga membantu dalam merawat kulit terbakar, jerawat, dan kulit kering. Vitamin C dalam buah-buahan ini, terutama, membantu mencerahkan kulit. Cobalah menambahkan bubuk buah naga kering ke jus harian Anda dan saksikan kulit Anda menjadi berseri-seri.

⇒ Anti Bakteri Dan Jamur

Buah naga memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang mempertahankan terhadap racun dan juga menghambat masuk atau pertumbuhan infeksi jamur atau bakteri di organ. Buah juga merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan laju yang meningkat.

⇒ Meningkatkan Metabolisme

Diet asupan protein sangat penting untuk kesehatan fungsi tubuh kita dan buah naga adalah sumber protein yang baik.

Protein dimetabolisme oleh enzim dalam tubuh kita dan berubah menjadi protein yang dapat digunakan yang dapat mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan dan metabolisme, dan membantu dalam penurunan berat badan dan meningkatkan massa otot.

⇒ Mencegah Penyakit Jantung Dan Stroke

Buah naga kaya magnesium dan tidak mengandung lemak jenuh tidak sehat . Hal ini menyebabkan kadar HDL atau kolesterol baik yang lebih tinggi dan kadar LDL atau kolesterol jahat yang lebih rendah di dalam tubuh. Kemungkinan mengembangkan plak di arteri dan vena kurang, sehingga mengurangi kemungkinan Anda menderita aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

⇒ Mengatasi Peradangan Sendi

Buah naga kaya akan sifat anti-inflamasi , yang membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi.

⇒ Menyehatkan Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium yang tinggi dalam buah naga dapat menjaga tulang Anda tetap sehat, meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan mencegah osteoporosis .

Sebuah studi yang dilakukan oleh Tufts University menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan dan sayuran menawarkan campuran nutrisi, protein, dan kalsium yang tepat untuk meningkatkan kepadatan tulang .

Dengan demikian makan buah naga dapat membantu memperkuat gusi dan menjaga gigi tetap utuh, mencegahnya menjadi rapuh sehingga Anda dapat selalu memantulkan senyuman yang cerah.

⇒ Sumber Antioksidan Yang Baik

Buah naga yang kaya antioksidan membantu detoksifikasi dengan membuang limbah logam dan racun dari tubuh. Ini, pada gilirannya, membantu menurunkan berat badan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food Science menunjukkan bahwa karena kandungan polifenol dan flavonoid yang tinggi, dan aktivitas antioksidan itu dapat digunakan untuk aplikasi kosmetik dan farmasi keduanya.

⇒ Mencegah Penyakit Mata

Buah naga diketahui dapat menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia, protein yang ditemukan di hati.

Protein ini sering dikaitkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Juga, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Kimia Pangan, kandungan beta-karoten dalam buah ini membantu mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak dengan menjaga mata terlindung dari radikal bebas berbahaya.

⇒ Meningkatkan Sistem Pernapasan

Sudah saatnya Anda menambahkan buah naga ke dalam menu harian Anda, jika Anda menderita gangguan pernapasan seperti asma.

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat dalam buah naga dapat melancarkan sistem pernapasan anda.

Baca Juga :

Manfaat Buah NagaManfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga

manfaat buah naga untuk kecantikan

manfaat buah naga ungu

manfaat buah naga merah untuk diet

manfaat buah naga merah untuk bayi

manfaat buah naga untuk ibu hamil

manfaat buah naga putih

manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan

efek samping buah naga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.