9 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat

9 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

9 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui . Ternyata Sungguh Luar Biasa Sekali Khasiat Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh.


Siapa yang tidak suka coklat ? Hampir semua orang dari berbagai kalangan pasti menyukai coklat.

Coklat adalah salah satu hasil olahan dari biji kakao. Saat ini, coklat banyak digunakan untuk bahan makanan kue dan cemilan.

Rasanya yang manis, enak dan khas, membuat banyak orang menyukainya, mulai dari anak-anak ,remaja sampai orang tua.

Dan perlu anda ketahui bahwa makan coklat ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh loh, bahkan bisa memperbaiki mood anda juga.

Fakta Nutrisi Yang Terkandung Dalam Cokelat

Cokelat tinggi kalori dan mengandung karbohidrat , gula, dan lemak, bersama dengan beberapa jumlah protein . Coklat juga mengandung vitamin B12 , niacin , riboflavin , vitamin E dan mineral seperti fosfor , mangan , dan seng .

Selain itu coklat juga mengandung kalsium , magnesium , kalium , dan zat besi . Coklat berjenis hitam atau dark coklat memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan polifenol.

Inilah 9 Manfaat Coklat Untuk Kesehatan

Manfaat Coklat⇒ Dapat Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi cokelat dapat mengurangi risiko kardiovaskular hingga sepertiga. Asam stearat, meskipun merupakan asam lemak jenuh yang ditemukan dalam coklat, tidak berkontribusi pada kadar kolesterol dan dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung dan aterosklerosis yang disebabkan oleh peradangan arteri.

Kakao juga dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Sifat antioksidan dari flavonoid juga melindungi jantung terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

⇒ Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Saraf

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa epicatechin dan flavonoid, senyawa hadir dalam cokelat hitam, dapat membantu melindungi otak dari stroke. Senyawa-senyawa ini juga ditemukan membantu dalam mengobati gangguan saraf, seperti penyakit Alzheimer.

⇒ Dapat Mengontol Diabetes

Cokelat gelap dan bebas gula (kakao) sangat pahit rasanya karena kehadiran alkaloid seperti kafein dan lainnya. Kepahitan dari alkaloid ini menetralkan gula dalam darah. Selain itu, sebagai stimulan alami, mereka menstimulasi sekresi empedu dan insulin, yang sekali lagi membantu memecah gula, menghasilkan kadar gula darah yang lebih rendah.

⇒ Dapat Mengurangi Stres

Kakao mengandung triptofan, asam amino yang memiliki efek relaksasi. Ini memiliki efek menenangkan dan menyegarkan dalam kasus ketegangan dan stres.

⇒ AntiDepresi

Cocoa mengandung kafein yang merupakan alkaloid, theobromine, dan phenylethylamine (amina, terutama dikenal sebagai anti-depressant) yang semuanya bersifat stimulan. Mereka adalah elevator suasana hati yang sangat efektif dan antidepresan.

⇒ Dapat Mengatur Tekanan Darah

Flavonoid dalam coklat mengandung polifenol seperti katekin, epikatekin, dan prosianidin, yang telah terlihat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah, yang membantu dalam mempertahankan tekanan darah yang tepat . Nitrat oksida membantu mencegah penebalan darah dan mempertahankan fluiditas, sehingga mengurangi tekanan pada arteri dan vena dan akhirnya mengatur tekanan darah.

Di sisi lain, dalam kasus orang yang menderita tekanan darah rendah, stimulan seperti kafein dan theobromine, serta gula hadir dalam coklat, membantu meningkatkan tekanan darah ke tingkat yang benar.

⇒ Dapat Meningkatkan Kecerdasan

Cokelat membuat Anda lebih terjaga dan waspada, yang secara tidak langsung juga membantu dalam meningkatkan kecerdasan.

Flavonoid meningkatkan aliran darah ke otak. Sebuah penelitian mengatakan , memberi makan cokelat kepada anak Anda selama ujian akan meningkatkan kemampuan pemecahan matematika anak Anda

⇒ Dapat Meningkatkan Energi

Asam lemak seperti asam stearat dan asam palmitat (baik jenuh) dan asam oleat (tidak jenuh) membantu menambah berat badan dan memberikan energi, tanpa risiko mengumpulkan kolesterol, sejauh menyangkut kakao murni.

Ketika coklat dibuat menjadi cokelat, jumlah kolesterol yang Anda peroleh tergantung pada jenis susu (kental, semi-kencang atau krim penuh) dan produk susu ( mentega , padatan susu) yang digunakan di dalamnya dan latihan yang Anda lakukan. Gula dalam cokelat juga memberi energi dan merilekskan tubuh.

⇒ Dapat Mencegah Kanker

Flavonoid dalam coklat adalah anti- karsinogen yang baik . Mereka mencegah pertumbuhan sel kanker. Ini dibantu oleh sifat antioksidan mereka, yang juga membantu menetralisir efek karsinogenik dari radikal bebas.

⇒ Dapat Bertindak Sebagai Prebiotik

Flavonoid tinggi hadir dalam cokelat meningkatkan bakteri baik di usus. Ini membantu dalam pemecahan makanan yang lebih baik , yang pada akhirnya meningkatkan penghapusan limbah beracun dari tubuh.

⇒ Dapat Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Bukan hanya wortel yang meningkatkan penglihatan Anda. Cokelat meningkatkan penglihatan dengan meningkatkan aliran darah ke otak dan retina.

Itulah Beberapa Khasiat Dan manfaat yang terdapat dalam coklat. Mungkin masih banyak lagi khasiat dan manfaat coklat yang belum disebutkan diatas.

Jangan Lupa Di Share ya 🙂

Baca Juga :

Manfaat Coklatmanfaat coklat untuk otak

manfaat coklat untuk kecantikan

manfaat coklat untuk mood

manfaat coklat untuk wanita

manfaat coklat bubuk

manfaat coklat silverqueen

manfaat coklat menurut para ahli

manfaat coklat untuk anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.