10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui, Selain Sebagai Bumbu Masak, Ternyata Serai Juga Sangat Bagus Untuk Kesehatan Loh.


Serai atau sereh merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu masakan.

Aromanya yang khas akan membuat masakan lebih lezat dan menggugah selera.Tapi taukah anda ternyata di dalam batang serai ini terdapat berbagai khasiat dan manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan loh.

Ingin tahu apa saja khasiat dan manfaatnya ? Mari kita kupas satu persatu . Baca terus sampai akhir ya.


Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Dalam Serai

Serai mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa fenolik seperti luteolin, glikosida, quercetin , kaempferol, elemisin, katekol, asam klorogenat, dan asam caffeic, yang semuanya membantu dalam menyediakan berbagai obat yang mengesankan. Batang serai juga memiliki kualitas anti-jamur dan anti-mikroba.

Serai adalah gudang aromatik dari nutrisi penting yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Database Nutrisi Nasional USDA menunjukkan bahwa itu adalah sumber vitamin penting seperti vitamin A , vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B5 ( asam pantotenat ), vitamin B6 (piridoksin), folat, dan vitamin C . Ia juga menyediakan mineral penting seperti kalium , kalsium , magnesium , fosfor, mangan , tembaga , seng , dan besi , yang diperlukan untuk kesehatan fungsi tubuh manusia.

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan⇒ Batang Serai Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol yang sehat.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi teratur membantu dalam mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.

Ini membantu mencegah penumpukan lipid dalam pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah yang tidak terhalang di arteri, mencegah berbagai gangguan jantung seperti aterosklerosis .

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mencegah Kanker

Serai efektif dalam mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel-sel sehat tubuh. Penelitian yang dilakukan untuk membuktikan aktivitas anti-kanker serai telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit. Hal ini terutama karena adanya senyawa kimia yang disebut citral di dalamnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada efek sitral pada sel kanker menunjukkan bahwa itu membantu dalam menghambat pertumbuhan sel kanker hati selama fase awal dan mencegah pertumbuhan sel kanker lebih lanjut. Studi lain memberikan bukti pendukung mengenai efek anti-proliferasi citral dalam menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia dan induksi apoptosis.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Menurut sebuah penelitian tahun 2003, serai membantu membersihkan dan menyiram limbah beracun berbahaya keluar dari tubuh, sebagai akibat dari sifat diuretiknya.

Detoksifikasi membantu dalam pengaturan berbagai organ tubuh, termasuk hati dan ginjal, sementara juga membantu menurunkan kadar asam urat. Efek diuretik dari ramuan membantu meningkatkan kuantitas dan frekuensi buang air kecil, yang membantu dalam menjaga kesehatan pencernaan , menghilangkan lemak yang masih harus dikeringkan, dan membantu dalam menjaga sistem yang bersih.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Perut

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri serai memiliki sifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh berbagai patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli .

Hal ini bermanfaat dalam pencegahan gangguan gastrointestinal seperti ulkus lambung, membantu menstimulasi fungsi usus, dan memperbaiki pencernaan.

Properti anti-inflamasi herbal bermanfaat untuk mengobati sembelit , kolitis ulseratif, diare , mual dan sakit perut.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan

Serai banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic karena efek penyembuhannya dalam mengobati batuk dan pilek.

Seiring dengan komponen bermanfaat lainnya, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya membantu dalam memberikan bantuan dari sumbatan hidung, flu dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma bronkial .

⇒ Batang Serai Dapat Mengatasi Susah Tidur

Serai membantu menenangkan otot dan saraf, yang membantu dalam mendorong tidur nyenyak . Penelitian telah menunjukkan bahwa teh herbal memiliki sifat penenang dan hipnosis yang membantu dalam meningkatkan durasi tidur.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Menurunkan Demam

Serai adalah obat penurun panas dan juga dikenal sebagai ‘rumput demam’, karena efek menguntungkan dalam menurunkan demam.

Efek anti-pyretic dan diaphoretic banyak digunakan dalam pengobatan Ayurvedic untuk menyembuhkan demam dengan memicu keringat.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Serai mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesiknya.

Zat fitonutrien yang ada di dalamnya meningkatkan sirkulasi darah dan membantu dalam mengurangi kejang, kram otot , keseleo, dan sakit punggung . Ini sangat berharga dalam mengobati luka olahraga , termasuk dislokasi, luka dalam, dan memar .

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Mengobati Infeksi

Serai berfungsi sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi seperti kurap, luka, Athlete’s Foot, kudis, dan infeksi saluran kemih (ISK) karena sifat antimikroba dan antijamurnya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan memberikan efek penyembuhan pada infeksi dermatologis, seperti infeksi ragi , dengan menghambat pertumbuhan patogen. Studi lain memberikan bukti pendukung yang menunjukkan khasiat serai atas thyme , nilam, dan minyak cedarwood dalam pengobatan berbagai penyakit seperti kandidiasis oral atau vagina.

⇒ Batang Serai Dapat Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Serai membantu memulihkan sistem vital yang beroperasi di tubuh, termasuk pencernaan, pernapasan, ekskresi, dan sistem saraf. Ini membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik dan memperkuat mekanisme pertahanan kekebalan tubuh.

Ekstrak serai memiliki efek menguntungkan pada aksi inflamasi sitokin, yang merupakan molekul pemberi sinyal melalui mana sel berkomunikasi dan merespon tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa serai memberikan tindakan anti-inflamasi dan konstituennya, citral, mungkin menjadi penyebab efek penghambatannya pada produksi sitokin.

Baca Juga :

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

10 Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.